(Semarang, 20/3/2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemenkemendikdasmen) telah melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah tahun 2025. Data pembaruan rapor pendidikan pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) tahun 2024 serta sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan secara lengkap tersebut dapat dilihat melalui tautan raporpendidikan.kemendikdasmen.go.id. Berikut ringkasan rapor pendidikan Kabupaten Pemalang tahun 2025 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.
Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kabupaten Pemalang pada tahun 2025 berada pada kategori Tuntas Pratama dengan nilai 78,76. Capaian kategori tersebut tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya namun untuk skornya mengalami peningkatan. Pada tahun 2024, Skor indeks SPM Kabupaten Pemalang adalah 74,17 meningkat 4,59 poin menjadi 78,76 di tahun 2025. Rapor pendidikan atau indeks SPM Kabupaten/Kota mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.
Capaian Angka Partisipasi Sekolah Tahun 2025
Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kabupaten Pemalang tahun 2025 berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 84,52. Capaian tersebut naik 0,13 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 84,39.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2025 sebesar 99,04 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 0,03 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 99,07. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 88,85 dengan kategori capaian Sedang. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 4,19 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 93,04.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kabupaten Pemalang tahun 2025 sebesar 95,74 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 1,39 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 97,13. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 16,51 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 4,51 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 12.
Capaian Literasi dan Numerasi Tahun 2025
Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 76,09. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,61 dari tahun 2024 yang sebesar 72,48. Capaian untuk SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 53,88. Capaian tersebut mengalami kenaikan 7,25 poin dari capaian tahun 2024 yang sebesar 46,63.
Capaian kemampuan numerasi SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 75,12. Capaian tersebut meningkat sebesar 12,85 dari tahun 2024 yang sebesar 62,27. Untuk capaian numerasi SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 51,81, capaian tersebut naik 15,17 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 36,64.
Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 78,18. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 6 poin dari capaian tahun 2024 yang sebesar 72,18. Berbeda dengan capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 68,45 mengalami kenaikan sebesar 6,17 dari tahun 2024 yang sebesar 62,28.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 74,76. Capaian tersebut meningkat sebesar 8,92 poin dari tahun 2024 yang sebesar 65,84. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 65,51 mengalami kenaikan 10,91 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 54,6.
Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusifitas Tahun 2025
Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolah sebesar 76,12 (kategori Baik) naik 4,16 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 71,96; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,43 (kategori Baik) naik 0,67 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 72,76; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 59,22 (kategori Baik), mengalami kenaikan 4,73 dari tahun 2024 yang sebesar 54,49.
Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 63,85 (kategori Baik) naik 0,54 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 63,31; capaian iklim kebinekaannya sebesar 60,4 (kategori Baik) turun 6,74 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 67,14; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 50,79 (kategori Sedang) mengalami kenaikan 2,44 poin dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 48,35.
Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 69,96 (kategori Baik) naik 1,59 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 68,37; capaian iklim kebinekaannya sebesar 69,68 (kategori Baik) turun 2,22 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 71,9; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 57,02 (kategori Baik), mengalami kenaikan 0,99 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 56,03.
Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 64,17 (kategori Baik) capaian tersebut mengalami kenaikan 0,21 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 63,96; capaian iklim kebinekaannya sebesar 63,97 (kategori sedang) turun 4,54 dari tahun sebelumnya yang sebesar 68,51; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 52,74 (kategori Sedang) mengalami kenaikan 0,64 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 52,1.
Capaian jenjang PAUD Tahun 2025
Capaian jumlah satuan PAUD di Kabupaten Pemalang yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian Sedang, dengan skor sebesar 71,75. Mengalami penurunan 0,09 dari skor tahun sebelumnya yang sebesar 71,84. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 79,31 dengan kategori capaian Baik. Capaian indikator guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang sebesar 84,64.
Kemenkemendikdasmen berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2025 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (IM)