Rapor Pendidikan Kota Pekalongan Tahun 2025, Naik dari 81,76 Menjadi 83,28 

·

·

,

(Semarang, 09/4/2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemenkemendikdasmen) telah melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah tahun 2025. Data pembaruan rapor pendidikan pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) tahun 2024 serta sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan secara lengkap tersebut dapat dilihat melalui tautan raporpendidikan.kemendikdasmen.go.id. Berikut ringkasan rapor pendidikan Kota Pekalongan tahun 2025 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.

Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Pekalongan pada tahun 2025 berada pada kategori Tuntas Madya dengan nilai 83,28. Meskpiun kategori tersebut tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya namun skor capaiannya mengalami peningkatan. Pada tahun 2024, Skor indeks SPM Kota Pekalongan adalah 81,76 meningkat 1,52 poin menjadi 83,28 di tahun 2025. Rapor pendidikan atau indeks SPM Kabupaten/Kota mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.

 

Capaian Angka Partisipasi Sekolah Tahun 2025

Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kota Pekalongan tahun 2025 berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 90,58. Capaian tersebut naik 2,98 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 93,56.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2025 sebesar 99,7 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 0,28 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 99,98. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 96,52 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,20 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 96,72.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kota Pekalongan tahun 2025 sebesar 98,59 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,17 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 98,76. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 25,96 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 3,2 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 22,76.

 

Capaian Literasi dan Numerasi Tahun 2025

Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 80,53. Capaian literasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,56 dari tahun 2024 yang sebesar 81,09. Sama seperti capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 72,12. Capaian tersebut mengalami penurunan 5,16 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 77,28.

Capaian kemampuan numerasi SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 75,75. Capaian tersebut meningkat sebesar 6,86 dari tahun 2024 yang sebesar 68,89. Untuk capaian numerasi SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 69,93, capaian tersebut naik 6,76 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 63,17.

Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 90,78. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,91 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 86,87. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 86,65 mengalami kenaikan sebesar 6,95 dari tahun 2024 yang sebesar 79,7.

Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 87,96. Capaian tersebut meningkat sebesar 8,61 poin dari tahun 2024 yang sebesar 79,35. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 82,75 mengalami kenaikan 9,24 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 73,51.

 

Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusifitas Tahun 2025

Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolah sebesar 74,76 (kategori Baik) naik 2,87 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 71,89; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,7 (kategori Baik) turun 0,87 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 74,57; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 58,27 (kategori Baik), mengalami kenaikan 2,88 dari tahun 2024 yang sebesar 55,39.

Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 67,15 (kategori Baik) turun 0,67 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 67,82; capaian iklim kebinekaannya sebesar 66,79 (kategori Baik) turun 3,49 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 70,28; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 52,64 (kategori sedang) mengalami kenaikan 2,01 poin dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 50,63.

Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 74,82 (kategori Baik) naik 1,62 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 73,2; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,03 (kategori Baik) turun 2,95 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 75,98; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 61,29 (kategori Baik), mengalami kenaikan 0,76 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 60,53.

Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 67,32 (kategori Baik) capaian tersebut mengalami kenaikan 1,14 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 66,18; capaian iklim kebinekaannya sebesar 67,32 (kategori Baik) turun 2,61 dari tahun sebelumnya yang sebesar 69,93; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 55,32 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,79 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 54,53.

 

Capaian jenjang PAUD Tahun 2025

Capaian jumlah satuan PAUD di Kota Pekalongan yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian sedang, dengan skor sebesar 83,9. Capaian tersebut tidak mengalami perubahan dari skor tahun sebelumnya. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 84,12 dengan kategori capaian Baik. Pada tahun 2025 instrumen yang digunakan dalam penilaian capaian Proporsi Guru PAUD dengan Kualifikasi S1/D4 berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga capaian tahun 2025 tidak dapat dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya. Sekedar informasi bahwa capaian indikator guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 tahun 2024 sebesar 87,78.

Kemenkemendikdasmen berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2025 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (IM)


Layanan Prioritas
Kelompok Rentan

Helpdesk
Kemdikbud