Rapor Pendidikan Kota Salatiga Tahun 2025: Tuntas Madya (87,48)

·

·

,

(Semarang, 16/4/2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemenkemendikdasmen) telah melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan pemerintah daerah tahun 2025. Data pembaruan rapor pendidikan pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) tahun 2024 serta sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan secara lengkap tersebut dapat dilihat melalui tautan raporpendidikan.kemendikdasmen.go.id. Berikut ringkasan rapor pendidikan Kota Salatiga tahun 2025 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusivitas, dan angka partisipasi sekolah.

Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Salatiga pada tahun 2025 berada pada kategori Tuntas Madya dengan nilai 87,48. Kategori tersebut tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Dibandingkan dengan capaian tahun 2024, Rapor pendidikan atau Skor indeks SPM Kota Salatiga mengalami sedikit koreksi, yaitu dari skor 87,81 di tahun 2025 menurun 0,33 poin menjadi 87,48 di tahun 2024. Rapor pendidikan atau indeks SPM Kabupaten/Kota mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusivitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.

 

Capaian Angka Partisipasi Sekolah Tahun 2025

Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kota Salatiga tahun 2025 berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 92,95. Capaian tersebut turun 5,05 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 98.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2025 sebesar 99,14 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 0,83 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 99,97. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 99,02 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,81 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 97,21.

Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kota Salatiga tahun 2025 sebesar 99,11 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,18 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 98,93. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 48,53 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut turun 5,73 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 54,26.

 

Capaian Literasi dan Numerasi Tahun 2025

Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 92,54. Capaian literasi tersebut mengalami penurunan sebesar 1,25 dari tahun 2024 yang sebesar 93,79. Sama seperti capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 81,62. Capaian tersebut mengalami kenaikan 4,45 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 77,17.

Capaian kemampuan numerasi SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 88,65. Capaian tersebut meningkat sebesar 3,58 dari tahun 2024 yang sebesar 85,07. Untuk capaian numerasi SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 76,48, capaian tersebut naik 8,55 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 67,93.

Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 94,84. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,08 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 94,76. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 89,67 mengalami kenaikan sebesar 1,47 dari tahun 2024 yang sebesar 88,2.

Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 91,62. Capaian tersebut meningkat sebesar 0,69 poin dari tahun 2024 yang sebesar 90,93. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 85,87 mengalami kenaikan 4,5 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 81,37.

 

Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusivitas Tahun 2025

Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolah sebesar 79,31 (kategori Baik) naik 1,41 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 77,9; capaian iklim kebinekaannya sebesar 75,76 (kategori Baik) turun 2,39 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 78,15; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 61,43 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,93 dari tahun 2024 yang sebesar 59,5.

Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 68,07 (kategori Baik) turun 0,88 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 68,95; capaian iklim kebinekaannya sebesar 62,31 (kategori Baik) turun 7,2 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 69,51; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 54 (kategori Baik) mengalami kenaikan 1,73 poin dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 52,27.

Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 76,57 (kategori Baik) turun 0,16 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 76,73; capaian iklim kebinekaannya sebesar 76,73 (kategori Baik) turun 4,02 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 80,75; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 64,09 (kategori Baik), mengalami kenaikan 0,53 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 63,56.

Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 72,2 (kategori Baik) capaian tersebut mengalami kenaikan 0,03 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 72,17; capaian iklim kebinekaannya sebesar 72,4 (kategori Baik) turun 2,41 dari tahun sebelumnya yang sebesar 74,81; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 59,79 (kategori Baik) mengalami kenaikan 2,33 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 57,46.

 

Capaian jenjang PAUD Tahun 2025

Capaian jumlah satuan PAUD di Kota Salatiga yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian sedang, dengan skor sebesar 77,6. Capaian tersebut mengalami koreksi 0,72 dari skor tahun 2024 yang sebesar 78,32. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 89,67 dengan kategori capaian Baik. Pada tahun 2025 instrumen yang digunakan dalam penilaian capaian Proporsi Guru PAUD dengan Kualifikasi S1/D4 berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga capaian tahun 2025 tidak dapat dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya. Sekedar informasi bahwa capaian indikator guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 tahun 2024 sebesar 91,46.

Kemenkemendikdasmen berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2025 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (IM)


Layanan Prioritas
Kelompok Rentan

Helpdesk
Kemdikbud