(Semarang, 23/4/2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) telah melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan pemerintah daerah tahun 2025. Data pembaruan rapor pendidikan pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) tahun 2024 serta sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan secara lengkap tersebut dapat dilihat melalui tautan raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut ringkasan rapor pendidikan Kota Tegal tahun 2025 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusivitas, dan angka partisipasi sekolah.
Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Tegal pada tahun 2025 berada pada kategori Tuntas Madya dengan nilai 81,68. Kategori tersebut tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Dibandingkan dengan capaian tahun 2024, Rapor pendidikan atau Skor indeks SPM Kota Tegal mengalami sedikit koreksi, yaitu dari skor 83,49 di tahun 2025 menurun 1,81 poin menjadi 81,68 di tahun 2024. Rapor pendidikan atau indeks SPM Kabupaten/Kota mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusivitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.
Capaian Angka Partisipasi Sekolah Tahun 2025
Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kota Tegal tahun 2025 berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 82,56. Capaian tersebut turun 2,69 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 85,25.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2025 sebesar 99,97 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut tidak berubah dari capaian tahun 2024. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 98,56 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,77 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 96,79.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kota Tegal tahun 2025 sebesar 99,5 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,62 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 98,88. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 35,24 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 1,98 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 33,26.
Capaian Literasi dan Numerasi Tahun 2025
Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 82,48. Capaian literasi tersebut mengalami penurunan sebesar 5,73 dari tahun 2024 yang sebesar 88,21. Sama seperti capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 74,29. Capaian tersebut mengalami kenaikan 8,61 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 65,68.
Capaian kemampuan numerasi SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 78,48. Capaian tersebut meningkat sebesar 1,14 dari tahun 2024 yang sebesar 77,34. Untuk capaian numerasi SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 66,15, capaian tersebut naik 16,05 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 50,1.
Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 92,09. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,5 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 91,59. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 87,5 mengalami kenaikan sebesar 2,49 dari tahun 2024 yang sebesar 85,01.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 89,26. Capaian tersebut meningkat sebesar 2,73 poin dari tahun 2024 yang sebesar 86,53. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 86,04 mengalami kenaikan 9,39 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 76,65.
Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusivitas Tahun 2025
Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolah sebesar 74,87 (kategori Baik) naik 0,61 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 74,26; capaian iklim kebinekaannya sebesar 72,48 (kategori Baik) turun 1,97 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 74,45; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 58,03 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,74 dari tahun 2024 yang sebesar 56,29.
Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 65,67 (kategori Baik) naik 0,19 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 65,48; capaian iklim kebinekaannya sebesar 61,5 (kategori Sedang) turun 7,18 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 68,68; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 52,43 (kategori Baik) mengalami kenaikan 2,4 poin dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 50,03.
Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 74,06 (kategori Baik) naik 1,16 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 72,9; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,75 (kategori Baik) turun 2,2 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 75,95; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 62,71 (kategori Baik), mengalami kenaikan 2,32 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 60,39.
Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 69,5 (kategori Baik) capaian tersebut mengalami kenaikan 1,19 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 68,31; capaian iklim kebinekaannya sebesar 71,82 (kategori Baik) turun 1,08 dari tahun sebelumnya yang sebesar 72,9; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 56,17 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,21 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 55,96.
Capaian jenjang PAUD Tahun 2025
Capaian jumlah satuan PAUD di Kota Tegal yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian Baik, dengan skor sebesar 85,46. Capaian tersebut mengalami koreksi 0,43 dari skor tahun 2024 yang sebesar 85,03. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 93,39 dengan kategori capaian Baik. Pada tahun 2025 instrumen yang digunakan dalam penilaian capaian Proporsi Guru PAUD dengan Kualifikasi S1/D4 berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga capaian tahun 2025 tidak dapat dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya. Sekedar informasi bahwa capaian indikator guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 tahun 2024 sebesar 93,78.
Kemendikdasmen berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2025 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (IM)