(Semarang, 22/4/2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) telah melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah tahun 2025. Data pembaruan rapor pendidikan pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) tahun 2024 serta sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan secara lengkap tersebut dapat dilihat melalui tautan raporpendidikan.kemdikbud.go.id. Berikut ringkasan rapor pendidikan Kota Semarang tahun 2025 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusivitas, dan angka partisipasi sekolah.
Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Semarang pada tahun 2025 berada pada kategori Tuntas Madya dengan nilai 84,12. Meskipun kategori tersebut tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya namun skor capaiannya mengalami peningkatan. Pada tahun 2024, Skor indeks SPM Kota Semarang adalah 83,66 meningkat 0,46 poin menjadi 84,12 di tahun 2025. Rapor pendidikan atau indeks SPM Kabupaten/Kota mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusivitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.
Capaian Angka Partisipasi Sekolah Tahun 2025
Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kota Semarang tahun 2025 berada pada kategori capaian Sedang, dengan angka 86,35. Capaian tersebut turun 2,76 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 89,11.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2025 sebesar 99,14 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 0,60 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 99,74. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 99,98 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,36 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 98,62.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kota Semarang tahun 2025 sebesar 99,46 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,1 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 99,36. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 11,92 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut turun 0,62 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 12,54.
Capaian Literasi dan Numerasi Tahun 2025
Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 86,73. Capaian literasi tersebut mengalami penurunan sebesar 1,56 dari tahun 2024 yang sebesar 88,29. Sama seperti capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 75,45. Capaian tersebut mengalami kenaikan 7,95 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 67,5.
Capaian kemampuan numerasi SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 82,45. Capaian tersebut meningkat sebesar 5,66 dari tahun 2024 yang sebesar 76,79. Untuk capaian numerasi SD Keagamaan berada pada kategori Sedang, dengan nilai 68,79, capaian tersebut naik 13,04 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 55,75.
Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 90,45. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,31 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 89,14. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 76,01 mengalami kenaikan sebesar 1,91 dari tahun 2024 yang sebesar 74,1.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 87,34. Capaian tersebut meningkat sebesar 2,42 poin dari tahun 2024 yang sebesar 84,92. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 72,37 mengalami kenaikan 7,95 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 64,42.
Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusivitas Tahun 2025
Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolah sebesar 77,75 (kategori Baik) naik 2,44 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 75,31; capaian iklim kebinekaannya sebesar 75,81 (kategori Baik) turun 0,84 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 76,65; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 61,1 (kategori Baik), mengalami kenaikan 3,2 dari tahun 2024 yang sebesar 57,9.
Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 68,2 (kategori Baik) naik 1,72 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 66,48; capaian iklim kebinekaannya sebesar 66,56 (kategori Baik) turun 3,78 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 70,34; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 53,88 (kategori baik) mengalami kenaikan 3 poin dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 50,88.
Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 73,64 (kategori Baik) naik 0,68 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 72,96; capaian iklim kebinekaannya sebesar 73,93 (kategori Baik) turun 2,75 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 76,68; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 61,85 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,29 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 60,56.
Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 64,1 (kategori Baik) capaian tersebut mengalami penurunan 0,35 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 64,45; capaian iklim kebinekaannya sebesar 65,42 (kategori sedang) turun 3,47 dari tahun sebelumnya yang sebesar 68,89; dan capaian iklim inklusivitasnya sebesar 53,17 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,14 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 53,03.
Capaian jenjang PAUD Tahun 2025
Capaian jumlah satuan PAUD di Kota Semarang yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian baik, dengan skor sebesar 92,84. Capaian tersebut mengalami kenaikan 0,13 dari skor tahun sebelumnya yang sebesar 92,71. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 85,26 dengan kategori capaian Baik. Pada tahun 2025 instrumen yang digunakan dalam penilaian capaian Proporsi Guru PAUD dengan Kualifikasi S1/D4 berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga capaian tahun 2025 tidak dapat dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya. Sekedar informasi bahwa capaian indikator guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 tahun 2024 sebesar 87,76.
Kemendikdasmen berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2025 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (IM)