Semarang, 17 Juni 2025 – Pemerintah terus mendorong terselenggaranya Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD HI) yang komprehensif agar terwujud anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Kementerian Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Kemendikdasmen) sebagai salah satu anggota gugus tugas PAUD HI mengajak dan memberdayakan Dinas Pendidikan, Satuan PAUD dan Bunda PAUD untuk terus menguatkan kapasitas Satuan PAUD sebagai salah satu unit yang mendukung tersedianya layanan PAUD HI di tingkat daerah atau komunitas.
Satuan PAUD yang berkualitas adalah PAUD yang menyediakan setidaknya empat komponen berikut, yaitu pembelajaran yang berkualitas, kemitraan dengan orang tua, dukungan pemenuhan kebutuhan esensial anak usia dini, kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya untuk perbaikan layanan yang berkelanjutan. Keempat kriteria PAUD berkualitas tersebut sejalan dengan layanan esensial PAUD HI. Ada delapan layanan esensial PAUD HI sebagai indikator pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD mulai dari : 1) penyelenggaraan kelas orang tua; 2) pemantauan pertumbuhan anak; 3) pemantauan perkembangan anak; 4) koordinasi lintas sektor dengan unit lain terkait kesehatan dan gizi; 5) menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); 6) pemberian PMT dan/atau makanan bergizi; 7) pemantauan kepemilikan NIK; dan 8) ketersediaan fasilitas sanitasi dan air bersih. Satuan pendidikan PAUD dinyatakan sebagai satuan PAUD penyelenggara PAUD HI jika satuan pendidikan tersebut telah menyelenggarakan 7 dari 8 layanan esensial PAUD HI.
Satuan PAUD yang telah berhasil melaksanakan 8 layanan esensial PAUD HI, berkewajiban untuk melakukan penginputan di Dapodik. Bagaimana cara satuan pendidikan PAUD melakukan penginputan data 8 indikator PAUD HI di Dapodik, berikut langkah-langkahnya.
- Masuk ke aplikasi Dapodik menggunakan akun satuan pendidikan PAUD masing-masing, lalu pilih menu Sekolah. Pada menu Sekolah klik seb menu “Data Rinci PAUD”.
2. Penginputan Indikator 1 “Pelaksanaan Kelas Orang Tua”. Pada indikator ini ada 2 pilihan yaitu “Belum ada” dan “Ada”.
- Penginputan Indikator 2 “Pemantauan Pertumbuhan Anak”.
- Penginputan Indikator 3 “Pemantauan Perkembangan Anak”.
- Penginputan Indikator 4 “Koordinasi Lintas Sektor Dengan Unit Lain Terkait Kesehatan dan Gizi”.
- Penginputan Indikator 5 “Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”.
Input Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilakukan pada sub menu Sanitasi masih dalam menu Sekolah.
- Penginputan Indikator 6 “Pemberian PMT dan/atau Makanan Bergizi”.
- Penginputan Indikator 7 “Pemantauan Kepemilikan NIK”.
Penginputan kepemilikan NIK ini dilakukan pada menu Peserta Didik.
- Penginputan Indikator 8 “Ketersediaan Fasilitas Sanitasi dan Air Bersih”.
Input ketersediaan fasilitas sanitasi dan air bersih dilakukan pada sub menu Sanitasi masih dalam menu Sekolah.
Untuk mendukung PAUD HI pada satuan pendidikan PAUD di Provinsi Jawa Tengah meningkat, BBPMP Provinsi Jawa melakukan pendampingan program prioritas dalam Implementasi PAUD HI kepada 179 sekolah inti transformatif di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada kurun waktu 16-30 Juni 2025. (IM)