(Semarang, 09/4/2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemenkemendikdasmen) telah melakukan pembaruan data pada rapor pendidikan untuk pemerintah daerah tahun 2025. Data pembaruan rapor pendidikan pemerintah daerah tersebut berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) tahun 2024 serta sumber data lainnya seperti dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data pembaruan rapor pendidikan secara lengkap tersebut dapat dilihat melalui tautan raporpendidikan.kemendikdasmen.go.id. Berikut ringkasan rapor pendidikan Kota Magelang tahun 2025 dilihat dari enam indikator prioritas yaitu indikator kemampuan literasi, numerasi, iklim keamanan sekolah, kebinekaan, inklusifitas, dan angka partisipasi sekolah.
Rapor pendidikan atau indeks capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kota Magelang pada tahun 2025 berada pada kategori Tuntas Utama dengan nilai 90,2. Kategori tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu Tuntas Madya. Pada tahun 2024, Skor indeks SPM Kota Magelang adalah 88,04 meningkat 2,16 poin menjadi 90,2 di tahun 2025. Rapor pendidikan atau indeks SPM Kabupaten/Kota mengukur komponen angka partisipasi sekolah (APS 5-6 tahun, APS 7-15 tahun, dan APS 7-18 tahun Kesetaraan), capaian literasi, numerasi, iklim keamanan, iklim kebinekaan, iklim inklusifitas, proporsi guru PAUD S1/D4, dan proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B.
Capaian Angka Partisipasi Sekolah Tahun 2025
Angka Partisipasi Sekolah (APS) usia anak 5-6 tahun di Kota Magelang tahun 2025 berada pada kategori capaian Baik, dengan angka 95,38. Capaian tersebut naik 1,6 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 93,78.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-12 tahun pada tahun 2025 sebesar 98,91 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut turun 1,05 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 99,96. Sedangkan angka partisipasi sekolah anak usia 13-15 tahun sebesar 99,8 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,25 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 99,55.
Angka partisipasi sekolah anak usia 7-15 tahun di Kota Magelang tahun 2025 sebesar 99,22 dengan kategori capaian Tinggi. Angka partisipasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,6 dari angka partisipasi tahun 2024 yang sebesar 99,82. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah usia 7-18 Kesetaraan adalah sebesar 61,69 dengan kategori capaian Rendah, capaian tersebut naik 6,84 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 54,85.
Capaian Literasi dan Numerasi Tahun 2025
Capaian kemampuan literasi pada SD Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik. Dengan nilai sebesar 96,34. Capaian literasi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,56 dari tahun 2024 yang sebesar 96,9. Sama seperti capaian SD Umum, capaian untuk SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 95. Capaian tersebut mengalami penurunan 5 poin dari capaian tahun 2024 yang sebesar 100.
Capaian kemampuan numerasi SD Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 94,09. Capaian tersebut meningkat sebesar 3,8 dari tahun 2024 yang sebesar 90,29. Untuk capaian numerasi SD Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 91,67, capaian tersebut turun 1,65 dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 93,32.
Capaian kemampuan literasi pada jenjang SMP Umum (Negeri dan Swasta) berada pada kategori Baik, dengan nilai sebesar 96,98. Capaian literasi tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,42 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 96,56. Sama seperti capaian SMP Umum, capaian untuk SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 88,64 mengalami kenaikan sebesar 3,46 dari tahun 2024 yang sebesar 85,18.
Untuk capaian kemampuan numerasi pada jenjang SMP Umum berada pada kategori Baik dengan nilai 95,06. Capaian tersebut meningkat sebesar 0,83 poin dari tahun 2024 yang sebesar 94,23. Untuk capaian kemampuan numerasi pada SMP Keagamaan juga berada pada kategori Baik, dengan nilai 89,39 mengalami kenaikan 5,94 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 83,45.
Capaian Iklim Keamanan, Kebinekaan dan Inklusifitas Tahun 2025
Pada jenjang SD Umum, capaian iklim keamanan sekolah sebesar 79,06 (kategori Baik) naik 1,74 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 77,32; capaian iklim kebinekaannya sebesar 75,51 (kategori Baik) turun 2,31 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 77,82; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 62,96 (kategori Baik), mengalami kenaikan 1,87 dari tahun 2024 yang sebesar 61,09.
Sedangkan untuk jenjang SD Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 71,5 (kategori Baik) turun 1,65 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 73,15; capaian iklim kebinekaannya sebesar 70 (kategori Baik) turun 3,75 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 73,75; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 55 (kategori Baik) mengalami penurunan 2,42 poin dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 57,42.
Pada jenjang SMP Umum, capaian iklim keamanan sekolahnya sebesar 75,34 (kategori Baik) naik 1,28 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 74,06; capaian iklim kebinekaannya sebesar 76 (kategori Baik) turun 2,9 dari capaian tahun sebelumya yang sebesar 78,9; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 65,9 (kategori Baik), mengalami kenaikan 2,33 dari capaian tahun 2024 yang sebesar 63,57.
Sedangkan untuk jenjang SMP Keagamaan, capaian iklim keamanan sekolahnya adalah sebesar 68,67 (kategori Baik) capaian tersebut mengalami kenaikan 1,63 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 67,04; capaian iklim kebinekaannya sebesar 68,67 (kategori Baik) turun 2,59 dari tahun sebelumnya yang sebesar 71,26; dan capaian iklim inklusifitasnya sebesar 55,67 (kategori Baik) mengalami kenaikan 0,43 dari capaian tahun sebelumnya yang sebesar 55,24.
Capaian jenjang PAUD Tahun 2025
Capaian jumlah satuan PAUD di Kota Magelang yang sudah terakreditasi minimal B berada pada capaian sedang, dengan skor sebesar 63,29. Mengalami kenaikan 0,54 dari skor tahun sebelumnya yang sebesar 62,75. Sedangkan untuk proporsi guru PAUD dengan kualifikasi S1/D4 berada pada angka 80,06 dengan kategori capaian Baik. Instrumen yang digunakan dalam penilaian capaian Proporsi Guru PAUD dengan Kualifikasi S1/D4 pada tahun 2025 mengalami perubahan dengan tahun sebelumnya. Sehingga capaian tersebut tidak dapat dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya. Namun begitu capaian indikator guru PAUD yang berkualifikasi S1/D4 tahun 2024 sebesar 83,93.
Kemenkemendikdasmen berharap pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten/kota memanfaatkan pembaruan data rapor pendidikan tahun 2025 untuk perencanaan anggaran dan kegiatan guna mendukung pencapaian indikator kinerja urusan pendidikan. (IM)